Sabtu, 06 Februari 2010

Kelurahan Jelekong Jadi Kawasan Wisata




Kelurahan Jelekong Kabupaten Bandung, yang selama ini dikenal karena adanya padepokan wayang golek Giriharja, akan menjadi sentra kerajinan tangan (handycraft), melengkapi sentra konveksi di Kecamatan Soreang, dan sentra strawberry di Kecamatan Ciwidey.

"Insyaallah dalam waktu yang tidak lama lagi, sentra kerajinan tangan bernama Sentra Handycraft Jelekong segera berdiri di sini," kata Koordinator Sentra Handycraft Jelekong Irwansyah, di galeri wayang golek Giriharja Jelekong, Senin (6/7).

Irwansyah memaparkan gagasan membangun sentra kerajinan tangan muncul dari dalang wayang golek kondang H Asep Sunandar Sunarya, yang tinggal bersama keluarga besar Sunarya di Kampung Giriharja, Kelurahan Jelekong.

"Selain untuk membangun generasi penerus seni wayang golek, sentra ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para perajin yang ada di sini," ujar Irwansyah.

Di sini, lanjut dia, banyak potensi kerajinan yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat antara lain kerajinan wayang golek panggung hingga wayang golek cinderamata dan lukisan.

Produksi kerajinan tangan wayang golek dan lukisan Kelurahan Jelekong kini diminati banyak konsumen dari daerah di luar Kabupaten Bandung hingga mancanegara.

Untuk di dalam negeri, sebagian pesanan datang dari daerah berpotensi wisata tinggi, antara lain Yogyakarta dan Bali.

Perajin wayang golek di Kelurahan Jelekong hingga saat ini tidak kurang dari 15 kepala keluarga (KK), sedangkan perajin lukisan sekitar 3.000 KK, dengan omzet berkisar Rp50 juta untuk kerajinan mayang golek dan Rp250 juta kerajinan lukisan.

"Di sini, sekarang juga mulai berkembang kerajinan kulit, dan tidak menutup kemungkinan tumbuh lagi perajin dengan komoditas berbeda," katanya.

Sentra Handicraft Jelekong juga akan dilengkapi dengan sarana multimedia, dengan harapan bisa mengembangkan pasar kerajinan lebih luas.

Dengan pembangunan Sentra Handicraft Jelekong, kelurahan ini ke depan diharapkan menjadi kawasan wisata seni dan wisata agro karena di Kampung Gentong yang bersebelahan dengan Kampung Giriharja, segera dibangun wisata agro lengkap dengan sarana outbond.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar